Koramil 0818/31 bersama 3 Pilar giat monitoring pelaksanaan larung ketupat sebagai salah satu warisan budaya leluhur warga Tumpakrejo

Jurnalpolisi.co.id

KODIM 0818/Malang-Batu -“Koramil 0818/31 Gedangan bersama 3 Pilar warga desa Tumpakrejo Kecamatan Gedangan hadiri dan monitoring pelaksanaan larung ketupat sebagai salah satu warisan budaya leluhur warga Tumpakrejo, Kamis ( 12/5/2022).

Sebelum melarung sesajian, Tokoh Masyarakat, Muspika Gedangan serta para pengunjung bersama pemuka adat mengucap doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.“ Karena setiap sesaji itu ada maknanya.

Melarung ketupat di laut, harapannya semua kesalahan umat manusia akan ikut terbawa arus dan menjauh dari warga.

Kalau ayam jago merupakan simbol lelaki sebagai pemimpin dalam masyarakat maupun keluarga. Kalau buah-buahan maknanya, apa yang kita tanam didunia akan dituai di kehidupan selanjutnya,” ungkap Miselan Kepala Desa Tumpakrejo. .

Keikutsertaan personel Koramil Gedangan dalam kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan Potensi wilayah dengan melibatkan personel Koramil 0818/31 Gedangan

Dalam kesempatan ini Peltu Imam selaku Batuud Gedangan yang hadir bersama tokoh masyarakat dan aparat terkait secara bersama sama melepaskan sesajian ke laut sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.(pendim,ervan,soli/jams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × one =