Polsek Ciruas Polres Serang Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di UPT Puskesmas Ciruas

Jurnalpolisi.co.id

SERANG – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di UPT Puskesmas Ciruas, Kec. Ciruas, Kab. Serang hari ini, Jum’at (26/11/2021) dipantau langsung oleh Kasihumas Polsek Ciruas Aiptu Jahidi, Sebanyak 100 warga dari Desa Ciruas menjadi sasaran pada vaksinasi tersebut.

Jumlah tersebut yang terdaftar 99 orang, yang telah divaksin 91 orang, tertunda 8 orang dengan rincian untuk vaksin Dosis 1 : 36 orang dan dosis 2 : 55 orang serta tenaga Nakes 7 orang (bd.Dara , Pipit , dr Rini ,dr natasya. Hani ,Ina, cica). Selaku PJ. Keamanan Kapolsek Ciruas, AKP Syarif Hidayat dan PJ. Vaksinasi Ka. UPT Puskesmas Ciruas dr. Ari Widodo.

“Perjuangan melawan Covid-19 ini butuh perjuangan bersama dari semua pihak. Kita perlu membuka hati dan memberikan apa yang bisa kita berikan untuk membantu warga,” kata Aiptu Jahidi.

Aiptu Jahidi menjelaskan, vaksinasi di Puskesmas dilakukan sebagai upaya percepatan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) namun akselerasinya masih kecil sehingga tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Terkait hal tersebut Aiptu Jahidi mengapresiasi keterlibatan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ciruas dan juga para sukarelawan Nakes setempat dalam membantu vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ciruas.

Ditempat terpisah Kapolsek Ciruas, AKP Syarif Hidayat, mengatakan bahwa Permasalahan Covid-19 ini perlu ditangani dengan gerakan kolektif, yakni dengan menerapkan prokes, memberikan akses pelayanan kesehatan, dan membangun kesadaran sosial untuk saling berbagi, yaitu program bantuan makanan bergizi bagi warga yang sedang isoman dan tenaga kesehatan,” ucap Kapolsek.

Terkait capaian vaksinasi warga di wilayah Ciruas masih belum optimal dari total penduduk yang tercatat. Dalam hal ini Kapolsek Ciruas terus turut memantau kegiatan vaksinasi. Ia menjelaskan data tersebut akan terus bertambah seiring meningkatnya antusiasme warga serta penyisiran dan vaksinasi Covid-19 massal di wilayah kerjanya minimal pencapaian target 80% warga Ciruas telah divaksinasi akhir tahun ini.

” Kita akan terus melakukan penyisiran tanpa kenal lelah kepada warga Ciruas untuk meningkatkan akses warga terhadap vaksin,” jelas Kapolsek.

Terkait hal ini, Kepala UPT Puskesmas Ciruas, dr. Ari Widodo, menyebutkan pihaknya senantiasa melakukan vaksinasi Covid-19 setiap hari dengan sasaran 100 orang per hari bagi warga di Desa Ciruas yang sudah terdaftar melalui RT/RW atau untuk umum.

“Karena keterbatasan Tenaga Kesehatan, kami atur jadwal pelayanannya. untuk pelayanan umum dan untuk pelayanan vaksinasi covid-19,” jelas dr. Ari Wibowo.

Lebih lanjut, ia berharap pelayanan di UPT Puskesmas Ciruas semakin baik sesuai dengan kebijakan yang berlaku serta tenaga kesehatan yang terlibat tetap sehat karena tenaganya sangat dibutuhkan masyarakat.

“Saya berharap wilayah kerja saya semakin kebal dan terbentuk herd immunity,” pungkas dr. Ari Widodo.

(icha. Jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + eighteen =