Kabid Humas Polda Banten Laksanakan Rapat Pra Lomba Orasi Dengan Polres Jajaran.

Jurnalpolisi.co.id

Serang – Pasca Video Conference (Vicon) dengan Divhumas, Kabid Humas Polda Banten tindaklanjuti rencana lomba orasi piala Kapolri Tahun 2021 dengan Polres Jajaran, di Ruang Crisis Center Polda Banten pada Rabu (24/11).

Rapat yang dipimpin oleh Kabid Humas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga didampingi oleh Kasubbid Multimedia drg. Hasan Abud Aziz, Kasubbid PID Kompol Sahata, Wakapolres, Kasihumas Polres jajaran.

Kabid Humas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga menyampaikan bahwa Bidhumas Polda Banten akan menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 yang akan diselenggarakan pada 10 Desember mendatang. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia. “Momentum hari HAM diisi dengan hal yang positif oleh kepolisian dengan mengadakan Lomba orasi piala Kapolri, lomba ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku,” ungkap Shinto Silitonga.

Shinto Silitonga mengatakan tema yang akan diangkat,”Tema yang diusung adalah Memperingati Hari Hak Asasi Manusia Se-dunia, sementara, subtema acara tersebut bersifat bebas atau dengan kata lain peserta lomba bebas untuk menyampaikan orasinya dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun,” kata Shinto Silitonga.

Selanjutnya Shinto Silitonga menyampaikan teknis pelaksanaan lomba orasi. “Lomba Orasi ini melalui beberapa tahapan seleksi ditingkat Polda dan pemenang tingkat Polda akan mewakili lomba tingkat Mabes Polri, Seluruh elemen masyarakat dapat mengikuti dalam kegiatan ini, seperti mahasiswa, buruh, ormas dan LSM. 1 tim peserta lomba terdiri dari 5 sampai dengan 15 orang, diharapkan peserta lomba dari Polresta Tangerang mengirimkan 5 tim, Polres Serang Kota 5 tim, Polres Serang 4 tim, Polres Cilegon 4 tim, Polres Pandeglang 3 tim, dan Polres Lebak 3 tim,”harap Shinto Silitonga.

Shinto Silitonga menjelaskan untuk aspek penilaian. “Penilaian lomba dapat
dilihat dari muatan orasi terdiri dari kualitas, inline dengan point-point yang diaspirasikan, selanjutnya kekompakan antara kordinator lapangan (Korlap), jenderal lapangan (Jenlap), orator, humas dan massa aksi dapat mainkan perannya, dan penilaian terakhir dari cara komunikasi, improvisasi saat orasi,”Ujar Shinto Silitonga.

Pemenang lomba pada tingkat pusat juara 1 mendapatkan hadiah 50 juta, juara 2 mendapatkan hadiah 30 juta, juara 3 mendapatkan hadiah 20 juta, pada tingkat
Polda juara 1 mendapatkan hadiah 10 juta, juara 2 mendapatkan hadiah 7,5 juta, juara 3 mendapatkan hadiah 5 juta, juara 4 mendapatkan hadiah 3 juta, juara 5 mendapatkan hadiah 2 juta, serta mendapatkan
piala dan piagam penghargaan.

Timeline lomba orasi piala Kapolri Tahun 2021 pada 1 sampai 2 Desember seleksi video dari masing-masing tim, tanggal 3 Desember dilakukan seleksi 5 tim di Polda Banten, pada 5 Desember untuk kirim video 1 tim terbaik ke Divhumas Polri, pada 6 dan 7 Desember seleksi video dari masing-masing Polda, pada 8 dan 9 Desember registrasi tim terpilih di Jakarta, dan pada
10 Desember grand final dan pemberian hadiah. “Pendaftaran peserta lomba orasi piala Kapolri dimulai 25 sampai dengan 30 November, pendaftaran online di https://forms.gle/gEsSqKW39CjkkqrF7, input identitas tim dan video orasi unras durasi 15 menit, dapat menghubungi
ipda fadil (0811-994-430) dan drg. Hasan Abdul Azis (0811-1130-375),”Ujar Shinto Silitonga. (Bidhumas).

(Red.jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =