Wakapolres Aceh Timur Hadiri Apel Siaga Bencana

jurnalpplisi.co.id Aceh

JP. ACEH | Wakapolres Aceh Timur Kompol Chairul Ikhsan, S.I.K. menghadiri apel gelar pasukan siaga bencana tahun 2021 yang dilangsungkan di Lapangan Upacara Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Kamis, (18/11/2021) pagi.

Apel dipimpin oleh Sekda Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si digelar sebagai bentuk kesiapan antisipasi bencana jika terjadi sewaktu-waktu.

Dalam amanatnya Sekda Aceh Timur yang membacakan sambutan Bupati menyebutkan, pihaknya mensinergikan kesiapan dalam penanganan jika bencana terjadi bencana alam maupun non alam.

“Saat ini kita dimasuki musim penghujan dan berdasarkan peringatan dini Bencana dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG )bahwa Kabupaten Aceh Timur masuk dalam status banjir pada Pertengahan November dan Berlanjut sampai Februari Tahun 2022,” ujar Sekda.

Mengingat status tersebut, maka kita perlu mengambil langkah antisipasi secara dini untuk waspada dan tanggap bencana yang bisa terjadi kapan saja, lanjutnya.

Menurut Sekda untuk menghadapi ancaman bencana ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah melakukan pemetaan wilayah rawan bencana di 24 kecamatan di berbagai titik lokasi rawan banjir, longsor, angin punting beliung dan gelombang tinggi.

Stakeholder di seluruh level pemerintahan mulai camat, geuchik sampai dusun di daerah rawan untuk melakukan antisipasi terhadap potensi bencana.

“Sebagai antisipasi faktor resiko dampak bencana, dapat diminimalisir dengan menjaga lingkungan sekitar. Seperti membersihkan sampah di aliran sungai, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kesehatan, merapikan pohon besar dan sebagainya,” ujar Sekda.

Dalam kesempatan itu Sekda turut menegaskan agar petugas yang disiagakan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain memperhatikan faktor evakuasi korban bencana, juga harus mengedepankan protokol kesehatan agar tidak bertambahnya penyebaran Covid-19.

“Jangan sampai ada petugas yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga terjadi klaster baru di masa tanggap darurat ini.” Pungkas Sekda Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si.

Nana JP.atim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − six =