Pangkat Polisi Untuk Jabatan Kapolda, Kapolres dan Kapolsek

TNI & POLRI599 Dilihat

Jurnalpolisi.co.id.Aceh

JP – Aceh | Layaknya organisasi pada umumnya, organisasi Polisi Republik Indonesia (Polri) juga memiliki susunan struktur yang berjenjang, mulai dari tingkat pusat hingga kewilayahan. Pada tingkat pusat, organisasi Polri disebut sebagai Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Sementara itu, di tingkat kewilayahan dibagi menjadi beberapa sektor, yaitu Polda, Polres, dan Polsek.

Namun, bagi sebagian orang, pembagian organisasi Polri di tingkat kewilayahan sering dianggap sama. Padahal, ketiganya berbeda, salah satunya perihal pimpinannya. Sebagaimana dijelaskan dalam laman humas.polri.go.id, berikut jabatan-jabatan dalam pimpinan organisasi Polri di tingkat kewilayahan.  

Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda)
Pelaksanaan tugas Polri di tingkat wilayah pertama atau provinsi, diduduki oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polda). Kapolda yang merupakan akronim dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda),  bertugas sebagai pemimpin Polda. Kapolda bertanggungjawab kepada Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri). Dalam menjalankan tugasnya, Kapolda dibantu oleh Wakil Kapolda (Wakapolda). Polda juga membawahi Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres).

Polda memiliki tiga tipe, yaitu Polda Tipe A-K, Tipe A, dan Tipe B. Untuk Tipe-A-K hanya terdapat satu Polda, yaitu Polda Metro Jaya. Dari segi kepemimpinannya, Polda Tipe A-K dan Tipe A memiliki pimpinan sama, yaitu seorang pewira tinggi berpangkat Inspektur Jendral Polisi (Irjen). Sementara itu, Polda Tipe B dipimpin oleh seorang perwira tinggi dengan bangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen).

Kepolisian Resor (Polres)
Kepolisian Negara Indonesia Resor diduduki oleh Polres beserta satuan tugasnya di tingkat kabupaten/kota. Di kota-kota besar, Polres disebut sebagai Kepolisian Resor Kota Besar (Poltabes). Untuk Polres, pimpinannya dipegang oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) sedangkan Poltabes dipimpin oleh Komisaris Besar Polisi (Kombes).

Kepolisian Sektor (Polsek)
Polsek maupun Polsekta dipimpin oleh seorang dengan pangkat polisi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) (khusus untuk Polda Metro Jaya) atau Komisaris Polisi (Kompol) (untuk tipe urban), sedangkan di Polda lainnya, Kapolsek atau Kapolsekta dengan pangkat perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) (tipe rural). Di sejumlah daerah di Papua sebuah Polsek dapat dipimpin oleh Inspektur Polisi Dua (Irda). Polsek berada di wilayah kecamatan.

(AR-JP_Aceh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.