PEMKAB NARA, Segera Bangun Jalan di Empat Gampong di Area Wilayah DAS Krueng Nagan.

Jurnalpolisi.co.id Aceh

JP | Nagan Raya – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya segera tingkatkan pembangunan jalan Kuta Makmue/Gunong Reubo, Kecamatan Kuala, hingga ke Gampong Macah/Seumambek, Kecamatan Suka Makmue. Keempat gampong tersebut berada disepanjang daerah aliran sungai (DAS) Krueng Nagan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah, Ir H Ardimartha, disela acara penebaran benih ikan di Kawasan Danau Laot Tadu, Kecamatan Tadu Raya, Kamis 14/10/2021. Sekda mengakui, pihaknya kemarin sudah duduk bersama legislatif dan telah ada kesepakatan terkait peningkatan jalan tersebut.

Menurut Sekda, peningkatan jalan yang menghubungkan empat gampong itu sudah lama diusulkan, bahkan sudah masuk dalam dokumen anggaran provinsi, baik dari bantuan keuangan maupun APBA, cuma dua-duanya dipotong.

“Kalau yang bantuan keuangan dari provinsi, itu refocusing, dipotong, tidak jadi, karena ini menyangkut dengan APBA Perubahan kan tidak ada. Kemudian juga bantuan gubernur batal juga diberikan. Malah, yang satu lagi sudah dimasukkan dalam rencana umum pengadaan (RUP) barang/jasa di provinsi, ini nggak juga dilanjutkan, ini nggak tau kita masalahnya kenapa,” jelas Sekda Nagan Raya itu.

Kedepan, tambahnya, juga sudah kita usulkan lagi dalam anggaran tahun 2022, tapi masyarakat menginginkan sekarang dan ini tidak mungkin kita lakukan. APBK Perubahan juga sudah selesai dibahas, tinggal menunggu hasil evaluasi dari provinsi.

Namun, hasil keputusan kita duduk bersama legislatif kemarin, lanjut Sekda, bahwa akan laksanakan dulu bangunan penunjang, yaitu pembangunan leningnya.

“Nah, untuk sementara kita lakukan dulu pelaksanaan bangunan penunjang, leningnya dulu. Kita lakukan pergeseran nanti, bagaimana teknisnya kita lihat nanti. Insya Allah, nanti kita lakukan itu dulu lewat anggaran perubahan 2021,” pungkasnya sembari menambahkan untuk anggaran tahun 2022 bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Sebelumnya, kemarin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Nagan Raya, Jonniadi, SE, mengatakan, telah tercapai hasil kesepakatan antara eksekutif dan legislatif.

“Tadi (kemarin — red) kami sudah duduk bersama esekutif dan akan menindaklanjuti secepat mungkin terkait hal itu. Dipastikan tahun 2022 jalan tersebut sudah teraspal,” kata Jonniadi.

Dalam rapat bersama bersama kemarin, dari pihak legislatif hadir Ketua DPRK, Jonniadi, SE, bersama sejumlah anggota, antara lain Zulkarnain, Teuku Bustamam, Ubit Yahya, Junid Arianto, Sulaiman TA dan Saiful Bahri. Sementara dari pihak eksekutif hadir Sekda Ardi Martha. (Diskominfotik NARA)

(Sofian HS JP Nara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 1 =