Antisipasi Cuaca Ekstrim, Brimob Jabar Laksanakan Patroli SAR Guna Antisipasi Terjadinya Bencana Alam Di Wilayah Cipanas Cianjur

Jurnalpolisi.co.id

Cianjur – 1 regu patroli Anggota Brimob Jabar Cipanas yang dipimpin oleh Dpp Briptu Feryy Agus suwarno Melaksanakan Patroli SAR Pengecekan tebing rawan longsor dan Debit Air Di Sungai Cigombong Desa Ciherang Di wilayah Polsek Pacet Kab. Cianjur

Lembah rawan longsor di desa Cigombong Cipanas. Briptu Fery Agus dan jajaran memantau, belum ada tanda tanda pergerakan tanah yang mengarah terjadinya Longsor.

Cuaca terpantau untuk malam ini tidak terjadi hujan namun terpantau angin cukup kencang untuk saat ini situasi dalam keadaaan aman terkendali khususnya di wilayah Kec.Cipanas Cianjur, untuk anggota tetap melaksanakan patroli mengingat kondisi geografis wilayah backup Mako Batalyon B Pelopor Cipanas Cianjur merupakan dataran tinggi dan perbukitan.

Hal ini dapat berpotensi terjadinya bencana alam berupa Longsor tanah, pohon tumbang dll yang diakibatkan ketika tanah tidak dapat menampung dan menyerap Air Hujan dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh penebangan Hutan atau pembangunan secara berlebihan tanpa memperhatikan kontur tanah dan lingkungan.

Selain itu Briptu Zaji Pranoto dan jajaran melanjutkan patroli SAR dengan pengecekan debit air sungai desa cimacan yang memiliki Sungai diwilayah nya terdapat jembatan, untuk mengantisipasi apabila air meluap dan menyebabkan bencana Alam berupa Banjir bandang.
Jum’at (10/9/2021)

“Untuk saat ini debit air sungai masih dikatakan normal namun dihimbau kepada warga agar tidak beraktifitas di pinggiran sungai mengingat cuaca yg tak menentu, debit air dapat membahayakan sewaktu waktu, dan yang sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kelancaran aliran sungai jangan buang sampah sembarangan”, Ujar Danru Patroli SAR Briptu Zaji pranoto.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Jawa Barat, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam memutus mata rantai Virus Covid-19 ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.

Ia juga menuturkan “Dengan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh personil kami dilapangan diharapkan memberikan dampak positif sehingga masyarakat teredukasi dengan baik dan dapat mempedomani hal tersebut” Tutupnya.

Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + eight =