Polres Aceh Timur Gelar Pelatihan Tracer Covid-19.

Jurnalpolisi.co.id Aceh

Jp-Aceh Timur – Polres Aceh Timur menggelar pelatihan Tracer Covid-19 bagi bagi komunitas masyarakat dan personil Polres Aceh Timur, Kamis, 29/07/2021.


Pelatihan yang berlangsung di Aula Bhara Daksa Polres Aceh Timur ini dibagi dua sesi. Sesi pertama diikuti 50 peserta dari komunitas masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Timur diantaranya; Saka Bhayangkara, Sentra Komunikasi (SENKOM), Lembaga Anti Narkotika (LAN), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Pancasila, Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Gerakan Aneuk Muda Sosial (GAMS), Lembaga Peduli Duafa (LPDI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Pemuda Panca Marga (PPM) dan GANSAR.


Sedangkan untuk sesi kedua diikuti 50 peserta bagi anggota polsek jajaran Polres Aceh Timur diluar Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolres Kompol Chairul Ikhsan, S.I.K. ini mengambil tema “Dengan Pelatihan Tracer Covid-19 Polres Aceh Timur Siap Berperan Aktif Menanggulangi Penyebaran Covid-19.”

Dalam sambutanya, Wakapolres mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendukung dan memperlancar program Pemerintah Pusat yang didukung penuh oleh Polri terkait dengan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yaitu pembatasan kegiatan masyarakat di lingkup paling terkecil, yaitu tingkat desa dan kelurahan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Saya berharap pelatihan tracer ini dapat membantu tugas Satgas Covid-19 desa dalam men-tracing masyarakat yang berhubungan langsung atau kontak erat dengan masyarakat yang terpapar Covid-19 guna meminimalisir penyebaran Covid – 19,” ujar Kompol Chairul Ikhsan.

Menurutnya, komunitas masyarakat diikut sertakan oleh Polres Aceh Timur dalam pelatihan Tracer Covid-19 ini, karena mereka ini (komunitas masyarakat) langsung bersentuhan dengan warga di tingkat lingkungan masyarakat.

Sementara itu saat memberikan arahan kepada personel Polres Aceh Timur, Wakapolres menekankan bagi anggota yang nantinya terseprin sebagai tracer Covid-19 agar bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, perangkat gampong, tokoh masyarakat juga petugas kesehatan yang telah tergelar disetiap desa di wilayah hukum Polres Aceh Timur untuk melakukan tracer.

“Dalam melakukan tracer diharapkan rekan rekan tetap mematuhi protokol kesehatan, juga jangan bosan untuk melaksanakan sosialisasi, edukasi maupun imbauan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat serta aktif dalam kegiatan Posko PPKM Mikro di desa guna mendukung program pemerintah.” Tegas Wakapolres Aceh Timur Kompol Chairul Ikhsan, S.I.K.

Dalam pelatihan Tracer Covid-19 ini, Polres Aceh Timur mengundang pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur dr. Sasilia, M.K.T. dengan didampingi oleh Kasat Binmas Polres Aceh Timur AKP M. Yusuf.

(Fitriadi/Alexander)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =