Bentuk Dan Bina Ketahanan Pangan Warga Desa Binaan Kampung Tangguh, Brimob Jabar Suport Petani Dimasa Pandemi Covid-19

Jurnalpolisi.co.id

Cirebon- Krisis pangan sebagai dampak pandemi virus covid-19 saat ini menjadi kekhawatiran kita bersama bila benar dan sampai terjadi. Banyak upaya dilakukan oleh berbagai pihak guna mengantisipasinya, Masyarakat sendiri harus berhemat mulai dari sekarang, sebab tidak ada yang mengetahui akan berlangsung sampai kapan virus ini menyebar, Keharusan setiap individu wajib melakukan penghematan dan menanam bahan pangan lokal, gerakan beli hasil tanaman pangan petani lokal juga digencarkan.

Program membentuk Desa binaan sebagai Kampung Tangguh dilingkungan oleh Satuan Bromob Polri di seluruh jajarannya, dicanangkan untuk mendukung upaya pemerintah terkait ketahanan pangan dan mengikat sektor Kamtibmas di masa pandemi covid-19.

Ditempat lain, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., memerintahkan kepada jajarannya Disamping untuk selalu melaksanakan Patroli Dialogis tentang himbauan penerapan protokol kesehatan pencegahan pandemi virus Covid-19, Jajarannya agar membentuk Desa binaan di Daerahnya masing – masing yang dinamakan Kampung tangguh, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial di masyarakat yang kemungkinan terjadi akibat krisis global dampak pandemi Covid-19.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menuturkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat” imbuhnya.

Ia juga menegaskan “ Kita harus membantu dan kita harus melindungi masyarakat, khususnya Jawa Barat karena kita merupakan anggota Polri yang mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari segala macam bahaya” Tuturnya.
(24/5/2021)

Acara yang bertajuk Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Bentuk kegiatan pada kampung tangguh ini diatur oleh seluruh jajaran personil dari Batalyon C Pelopor menjadi beberapa seksi fungsi pembinaan, seperti seksi ketahanan pangan, seksi keamanan, seksi kesehatan, seksi fisikologi, seksi pembinaan dan penggalangan dan lain sebagainya, hal ini disamping untuk lebih mendekatkan dan mempererat hubungan kesatuan Brimob Polri dengan masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan Aiptu Chandra bersama personil Brimob Kompi 1 Batalyon C Pelopor lainnya mewakili jajaran selaku seksi ketahanan pangan rutin secara bergantian melaksanakan sambang dan pembinaan terhadap para petani padi , petani sayuran dan petani perkebunan palawija, peternak ikan, warga Desa Wanasaba Kidul Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, dalam sambangnya, Aiptu Chandra sendiri memberikan motivasi, inovasi, Visi, dan Misi kepada petani Padi yang pada saat itu sedang melaksanakan panen padi tentang betapa pentingnya ketersediaan ketahanan pangan secara mandiri terutama menghadapi situasi krisis masa pandemi untuk saat ini, perlu diketahui juga bahwa padi yang akan menjadi beras merupakan hal terpenting dalam pangan atau bahan pokok untuk manusia bertahan hidup.

Semoga lewat program kampung tangguh Satuan Brimob yang lebih dekat dengan masyarakat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang sehat, normal kembali serta terbentuk lingkungan yang aman dengan Warga Masyarakat yang sehat dan sejahtera.

(Cepi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 15 =