Wabup Yana Sampaikan Apresiasi Yang Setinggi Tinggi nya Pada Sigap Persis Ciamis Atas Dilaksanakan (SBT).

Jurnalpolisi.co.id.

CIAMIS – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra harapkan Siaga Bencana (Sigab) Persis dapat menjadi mitra dalam penanganan bencana di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Ciamis saat membuka secara resmi kegiatan Sigab Basic Training (SBT) 1 Persis Ciamis di Hutan Pinus Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng. Jum’at (12/02/2021).

Menurutnya, Iklim La Nina yang terjadi sejak akhir tahun 2020 menyebabkan curah hujan di atas rata-rata dan dampaknya terjadi berbagai bencana termasuk di daerah Ciamis.

“Iklim La Nina yang menyebabkan tingkat curah hujan tinggi berdampak pada terjadinya berbagai bencana di Kabupaten Ciamis seperti longsor, banjir, pergeseran tanah dan yang lainya sehingga perlu kesigapan dari berbagai pihak,” ucap Yana.

Wabup Yana mengatakan dukungan dari berbagai pihak baik perorangan atau lembaga sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana alam di Ciamis.

“Bencana alam tentunya perlu kesigapan, kami di pemerintah daerah memang ada BPBD yang memang khusus menangani bencana, akan tetapi BPBD pun mempunyai keerbatasan ketika dihadapkan dengan bencana yang bertubi-tubi,” ungkapnya.

Untuk itu maka dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari Sigab Persis.

Lebih lanjut, Wabup Yana menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Sigab Persis Ciamis atas dilaksanakanya kegiatan Basic Training (SBT) 1 Persis Ciamis.

“Atas nama pribadi dan pemerintah saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Sigab Persis Ciamis, walau bagaimanapun ketika kita terjun ke wilayah bencana kita harus memiliki skill dan keterampilan.”

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini adik-adik semua dapat memiliki keterampilan dan kesigapan dalam penanganan bencana khususnya di Kabupaten Ciamis,” tambah Yana.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Nurjaman mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Persis di Bidang penanganan bencana dan diikuti oleh 35 pengurus cabang se Kabupaten Ciamis.

Nurjaman menuturkan kegiatan SBT 1 Persis tersebut merupakan rekrutmen pertama untuk siaga bencana di Kabupaten Ciamis yang biasanya ikut dengan kabupaten lain.

“Dengan tekad yang kuat dari seluruh panitia kami coba mengadakan kegiatan ini di Kabupaten Ciamis dengan tujuan untuk menambah pasukan, sebab yang namanya bencana bisa datang kapan saja,” jelasnya.

Diketahui kegiatan SBT 1 akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari hari Jum’at 12 Februari sampai dengan minggu 14 Februari 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Ciamis, Ketua Sigab Pusat, Ketua PD Persis Ciamis, Kapolsek Cikoneng, Kepala Desa Kujang, Kepala Desa Darmacaang dan tokoh masyarakat lainya.

( Sri.R.jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + fourteen =