Anggota Tim SAR Brimob Jabar Lakukan Patroli Pasca Pergeseran Tanah Di Desa Rawabelut Sukaresmi

Jurnalpolisi.co.id

Cianjur – Anggota Brimob Jabar Dipimpin oleh Wadanki 4 Batalyon B Pelopor IPTU Asep Saepudin S.Pd laksanakan giat patroli SAR di Desa Rawabelut Sukaresmi Cianjur menurut informasi yang tersebar di sosmed telah terjadi pergeseran tanah.

Akibatnya puluhan petani desa rawabelut, di Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat alami kerugian hingga ratusan juta, akibat fenomena pergeseran tanah di lahan persawahan mereka.

Kepala Desa Rawabelut, Sarip Hidayat menyebut pergerakan tahan yang terjadi di area tersebut membuat 13 hektar lahan sawah siap panen alami kerusakan dan gagal untuk diselamatkan, sampai saat ini kedalaman tanah yang amblas mencapai tiga meter dan meluas hingga ke area perkampungan.

“Kurang lebih 13 hektar, sebagian besar sudah ditanami sejak dua bulan yang lalu, sehingga dapat dipastikan seluruh lahan pertanian mengalami gagal panen karena pergerakan tanah. Setiap panen, lahan seluas itu, dapat menghasilkan belasan ton padi, sehingga kerugian petani mencapai ratusan juta,” jelasnya

Saat ini anggota patroli membantu masyarakat memindahkan barang atau reruntuhan salah satu rumah terdampak di lokasi tersebut anggota juga mengecek debit aliran sungai di lokasi tersebut.
Kamis (11/2/2021)

Tak lupa anggota menghimbau kepada masyarakat dengan situasi cuaca saat ini tidak menentu salah satu contoh seperti hujan yang mengakibatkan banjir, tanah longsor, pohon tumbang agar selalu berhati-hati utamakan keselamatan diri dan keluarga.

Ditempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., membenarkan “Iya Benar Anggota Brimob Jabar melakukankan patroli pengecekan pasca pergeseran tanah Di Desa Rawabelut Sukaresmi guna mengantisipasi pergeseran susulan serta menghimbau masyarakat Anggota tidak mendekati area tersebut”.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan patroli ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cianjur, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam mengantisipasi Bencana susulan ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.

Ia juga menegaskan “ Kita harus waspada dan kita harus melindungi masyarakat, khususnya Jawa Barat karena kita merupakan anggota Polri yang mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari segala macam bahaya” Tutupnya.

(Cepi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =