Brimob Jabar Bentuk Kampung Tangguh Yang Menghasilkan Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi Covid-19

Jurnalpolisi.co.id- Cirebon,

Krisis pangan menghantui perputaran perekonomian sebagai dampak pandemi saat ini. Banyak upaya dilakukan berbagai pihak guna mengantisipasinya. Masyarakat mulai melakukan penghematan dan menanam bahan pangan lokal, gerakan beli hasil tanaman pangan petani lokal juga digencarkan.

Program membentuk Desa binaan sebagai “Kampung Tangguh” dilingkungan, oleh Satuan Brimob Polri di seluruh jajarannya, dicanangkan untuk mendukung upaya pemerintah terkait ketahanan pangan dan mengikat sektor Kamtibmas di masa pandemi covid-19.

Ditempat lain, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., memerintahkan kepada jajarannya disamping untuk selalu melaksanakan Patroli Dialogis tentang himbauan penerapan protokol kesehatan pencegahan pandemi virus covid19, Jajarannya agar membentuk Desa binaan di Daerahnya masing – masing yang dinamakan Kampung tangguh, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial di masyarakat.

Menyingkapi arahan Komandan Satuan Brimob Jabar , jajaran Batalyon C Pelopor, membentuk Kampung Tangguh Desa binaan diwilayahnya di Desa Wanasaba Kidul Kec. Talun Kab. Cirebon.

“Acara yang bertajuk Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan” merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Keberadaan kampung tangguh yang dibentuk Satuan Brigade Mobil (Brimob Polri) yang diwakili kali ini oleh tim dari Kompi 1 Batalyon C Pelopor secara bergantian yang pada saat ini tim tersebut dipimpin oleh Bripka Toto Purwoto, mendapat respons positif dari Warga Desa Wanasaba Kidul. Adanya kampung tangguh menjadikan Warga Desa Wanasaba Kidul disiplin menjalankan protokol kesehatan dan senantiasa turut selalu menjaga keamanan dan keteriban lingkungan. Manfaat lainnya yang dirasakan adalah lingkungan mereka aman dari kejahatan pencurian.

Tujuan utama dibentuknya kampung tangguh agar masyarakat aware (peduli)  dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Adanya kampung tangguh mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.
Rabu (20/12021)

Dalam program Kampung Tangguh selain melaksanaan pembinaan kamtibmas terhadap Warga Masyarakatnya , Satuan Brimob Polda Jawa Barat dari jajaran Batalyon C Pelopor ini, juga andil terdepan memberikan kepedulian kesehatan seperti memberikan pemeriksaan kesehatan gratis, membagikan sembako untuk meringankan Warga yang terdampak dari Pandemi covid-19 juga yang tak kalah uniknya Satuan Brimob ini membina masyarakatnya di sektor pembudidayaan ikan, sektor pertanian palawija dan sektor peternakan hewan sebagai wujud ketahanan pangan dengan mengajak kepada Warga Masyarakat Kampung Tangguh untuk memanfaatkan mengolah lahan-lahan kosong atau tidak produktif dengan membuat pembudidayaan ikan, pembudidayaan tanaman palawija melalui hidrophoenik seperti sayuran dan lain sebagainya juga menggalakan bidang Peternakan hewan pedaging sebagai bentuk ketahanan pangan di tengah pandemi virus covid-19 untuk mengantisipasi kesiapan menghadapi krisis ekonomi apabila benar terjadi akibat dampak pandemi.

Bentuk kegiatan pada kampung tangguh ini diatur oleh seluruh jajaran personil dari Batalyon C Pelopor dengan unsur pelaksanana pembimbing dari Satuan dibawahnya atau Kompi – Kompi yang ada dan dibagi menjadi beberapa seksi fungsi pembinaan, seperti seksi keamanan, seksi kesehatan, seksi physikologi, seksi pembinaan dan penggalangan dan lain sebagainya, hal ini disamping untuk lebih mendekatkan dan mempererat hubungan kesatuan Brimob Polri dengan masyarakat juga  mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan konflik sosial dampak pandemi virus covid-19 dan menciptakan ketahanan pangan pada Masyarakat di tengah pandemi.

Semoga lewat program kampung tangguh andilnya Satuan Brimob yang lebih dekat dalam memberikan  pelayanan dalam bentuk pembinaan terhadap masyarakat diharapkan dapat menekan ganguan kamtibmas yang sering terjadi dan dapat mencegah konflik sosial terlebih dampak pandemi cobid-19, sehingga tercipta lingkungan yang sehat, normal kembali serta terbentuk lingkungan yang aman dengan Warga Masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan Kampung Tangguh ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam memutus mata rantai Virus Covid-19 ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.

(Cepi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + eighteen =